Kabar Kampus

STIM YKPN BERI PELATIHAN BAGI PELAKU EKSPOR GORONTALO




Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN kembali mengadakan pelatihan ekspor bagi UMKM Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini terlaksana sebagai bentuk perwujudan kerja sama yang terjalin antara STIM YKPN dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo. Acara ini juga berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah Gorontalo juga Dinas Pedagangan dan Perindustrian Gorontalo. Acara yang mengusung tema “Mendukung kapasitas UMKM menuju Digital, Bankable dan Readiness Ekspor tahun 2021” ini berlangsung selama 22-26 Februari 2021 di Gorontalo.

Adapun pemateri berasal dari Dosen STIM YKPN yang juga merupakan instruktur ekspor yakni Dra. Retno Hartati, MBA dan Drs. Eka Sudarusman, MM. Para peserta adalah pelaku usaha dari berbagai jenis industri, baik makanan, kerajinan hingga fashion yang ada di Gorontalo. Dalam pelatihan tersebut, para peserta akan dibekali dengan ilmu-ilmu praktis terkait ekspor, mulai dari mengidentifikasi produk yang potensial untuk diekspor, mengidentifikasi negara tujuan, memilih calon pembeli, mempersiapkan materi promosi, menghitung biaya hingga korespondensi serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan ketika melakukan ekspor.

Dalam sambutannya, Rafli M. Katili selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo mengapresiasi komitmen dan konsistensi STIM YKPN untuk mendorong para pelaku Industri Ekonomi Kreatif di Gorontalo agar dapat bersaing secara global dan menembus pasar ekspor di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang ada.

Harapannya kolaborasi ini dapat memberikan manfaat bagi keduabelahpihak, serta nilai tambah bagi para pelaku UMKM dalam mempersiapkan diri menembus pasar ekspor. Selain instruktur ekspor, STIM YKPN juga membuka peluang kerja sama dalam berbagai bentuk pelatihan baik keuangan, pasar modal, perpajakan maupun kewirausahaan. Hal ini sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh para dosen STIM YKPN.