Kabar Kampus

MAHASISWA STIM YKPN PELAJARI E-BUSINESS DARI PRAKTISI

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (STIM YKPN) secara rutin menyelenggarakan kuliah praktisi dengan mengundang dosen tamu. Pada kesempatan ini, STIM YKPN menghadirkan Andi Bayu Indra, M.B.A., seorang marketing executive yang sudah empat tahun berkecimpung di industri penerbangan khususnya di bidang digital marketing. Acara tersebut dilaksanakan pada Senin, 4 Januari 2021 secara daring melalui kanal ZOOM dengan dimoderatori oleh Diah Astrini Amir, S.E., M.Sc sekaligus dosen pengampu mata kuliah e-Business.

Peserta adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah e-Business di semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021. Kuliah berlangsung selama 2,5 jam dari pukul 18.30-21.00 WIB. Sesi awal, pemateri memaparkan materi selama 1,5 jam, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif. Selama kuliah berlangsung, mahasiswa sangat antusias, hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang berpartisipasi baik memberikan pertanyaan maupun ikut menyumbang pemikiran dan pengalamannya dalam menjalankan bisnis.

Salah satu tujuan mata kuliah e-Business adalah untuk mendorong mahasiswa agar bisa terjun sebagai pelaku e-Business. Kehadiran dosen praktisi ini diharapkan dapat menambah bekal pengetahuan bagi mahasiswa yang ingin memulai bisnis dengan memanfaatkan media sosial.”, tutur Dra. Retno Hartati, M.B.A selaku wakil ketua bidang akademik yang juga dosen pengampu mata kuliah e-Business.

Dalam paparan narasumber dijelaskan bahwa ada tiga bagian yang penting menjadi perhatian ketika ingin memulai bisnis dengan memanfaatkan social media. Pertama, pelau bisnis perlu menetapkan segmentasi, targeting dan positioning (STP) pasar yang ingin dimasuki/dipengaruhi. Kedua, dalam menentukan media/platform yang akan digunakan, pelaku bisnis perlu melakukan riset berbasis data. Misalnya, pelaku bisnis perlu mempelajari target pasar yang ingin dijangkau lebih banyak menggunakan media apa, dan seterusnya. Ketiga, pelaku bisnis harus dapat memanfaatkan facebook dan Instagram ads sebagai sarana beriklan.

“Kelas e-Business merupakan kelas yang bertujuan mengasah ranah kognitif mahasiswa pada level penerapan. Mata kuliah e-Business dirancang dengan kurikulum yang memadukan level analisis dan level penerapan. Oleh karena itu, mengundang praktisi di akhir sesi kuliah menjadi penting untuk dilakukan guna mempertajam pengetahuan teoritis dan konseptual yang telah didapatkan mahasiswa pada sesi-sesi sebelumnya”, pungkas Diah Astrini Amir, S.E., M.Sc.

PMB Info

Artikel Terbaru

Daftar Agenda