MAHASISWA STIM YKPN PELAJARI E-BUSINESS DARI
PRAKTISI
Sekolah Tinggi Ilmu
Manajemen YKPN (STIM YKPN) secara rutin menyelenggarakan kuliah praktisi dengan
mengundang dosen tamu. Pada kesempatan ini, STIM YKPN menghadirkan Andi Bayu Indra, M.B.A., seorang marketing executive yang sudah empat
tahun berkecimpung di industri penerbangan khususnya di bidang digital marketing. Acara tersebut dilaksanakan pada Senin, 4
Januari 2021 secara daring melalui kanal ZOOM dengan dimoderatori oleh Diah
Astrini Amir, S.E., M.Sc sekaligus dosen pengampu mata kuliah e-Business.
Peserta adalah
mahasiswa yang mengambil mata kuliah e-Business
di semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021. Kuliah berlangsung selama 2,5 jam dari pukul
18.30-21.00 WIB. Sesi awal, pemateri memaparkan materi selama 1,5 jam, kemudian
dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif. Selama kuliah berlangsung,
mahasiswa sangat antusias, hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang
berpartisipasi baik memberikan pertanyaan maupun ikut menyumbang pemikiran dan
pengalamannya dalam menjalankan bisnis.
“Salah
satu tujuan mata kuliah e-Business adalah untuk mendorong mahasiswa agar
bisa terjun sebagai pelaku e-Business. Kehadiran dosen praktisi ini
diharapkan dapat menambah bekal pengetahuan bagi mahasiswa yang ingin memulai
bisnis dengan memanfaatkan media sosial.”, tutur Dra. Retno Hartati, M.B.A
selaku wakil ketua bidang akademik yang juga dosen pengampu mata kuliah e-Business.
Dalam paparan
narasumber dijelaskan bahwa ada tiga bagian yang penting menjadi perhatian
ketika ingin memulai bisnis dengan memanfaatkan social media. Pertama, pelau bisnis perlu menetapkan segmentasi, targeting
dan positioning (STP) pasar yang ingin dimasuki/dipengaruhi. Kedua, dalam menentukan media/platform yang akan digunakan,
pelaku bisnis perlu melakukan riset berbasis data. Misalnya, pelaku bisnis
perlu mempelajari target pasar yang ingin dijangkau lebih banyak menggunakan
media apa, dan seterusnya. Ketiga, pelaku bisnis harus
dapat memanfaatkan facebook dan Instagram ads sebagai sarana beriklan.
“Kelas e-Business
merupakan kelas yang bertujuan mengasah ranah kognitif mahasiswa pada level
penerapan. Mata kuliah e-Business
dirancang dengan kurikulum yang memadukan level analisis dan level penerapan.
Oleh karena itu, mengundang praktisi di akhir sesi kuliah menjadi penting untuk
dilakukan guna mempertajam pengetahuan teoritis dan konseptual yang telah
didapatkan mahasiswa pada sesi-sesi sebelumnya”, pungkas Diah Astrini Amir,
S.E., M.Sc.