Kabar Kampus



OPTIMIS MEMPERSIAPKAN BISNIS

Mahasiswa STIM YKPN melalui mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis (SKB) yang diampu oleh Dra. Ralina Transistari, M.Si dan Dra. Sri Ekanti Sabardini, M.Si berkesempatan memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari alumni melalui kuliah dosen tamu. Lebih dari 100 mahasiswa yang tergabung dalam kelas Studi Kelayakan Bisnis, mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 12 Januari 2021 secara daring. Pada kesempatan tersebut, turut hadir kepala program Studi, Dra. Siti Resmi, M.M., Ak., C.A.

Alumni yang menjadi narasumber sekaligus dosen tamu adalah Ibu Sri Wigatiningsih (Iik). Beliau merupakan alumni STIM YKPN angkatan 1977, sekaligus pemilik Kirana Farm & Kirana Poultry Shop di Boyolali, Jawa Tengah. Pada kesempatan tersebut, beliau membagikan pengalaman dan tantangan yang dihadapi selama berkecimpung di dunia usaha khususnya peternakan. Selain itu beliau juga memberikan wawasan tentang pentingnya melakukan analisis biaya jika ingin membangun usaha, mencari dan menambah target pasar sampai dengan bagaimana cara memulai usaha ternak yang pada skala ekonomis menguntungkan.

Sempat terpuruk usahanya di tahun 2015, namun beliau berhasil bangkit dengan memulai bisnisnya dari awal dengan investor dan manajemen baru. Saat ini walaupun kondisi pandemi, usahanya tetap bisa bertahan bahkan omzetnya mencapai 800 juta per bulan. Selain ternak, beliau juga menjual bibit ternak yang saat ini justru laku keras. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pembicara.

“Melalui kuliah dosen tamu ini, harapannya mahasiswa memperoleh pengetahuan lebih tentang praktik bisnis yang sesungguhnya. Selain itu, mahasiswa juga bisa menerapkan aspek-aspek bisnis yang dipelajari dalam mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis secara nyata seperti menghitung biaya penyusutan, melakukan analisis biaya-biaya lain dan membuat cashflow. Harapannya juga, kegiatan ini meningkatkan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha dan memperoleh wawasan tentang bagaimana mengatasi permasalahan di dalam dunia usaha.”, tutur Dra. Sri Ekanti Sabardini, M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah SKB.