KEGIATAN AKADEMIK

KEGIATAN AKADEMIK

1.       Kalender Akademik

a.        Satu tahun akademik dibagi menjadi 2 semester, masing-masing selama 16-18 minggu termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

b.        Setiap mahasiswa berkewajiban mengikuti kegiatan kuliah tatap muka dan kegiatan terjadwal lainnya sesuai dengan silabi dan SAP (satuan acara perkuliahan).

c.        Setiap mahasiswa diwajibkan menyelesaikan tugas-tugas akademik yang dibebankan kepadanya sesuai waktu yang ditentukan.

2.       Rencana Studi Mahasiswa

a.        Pada awal semester mahasiswa menyusun rencana studi dengan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) di bawah bimbingan dosen pembimbing.

b.        Dengan memperhatikan sifat dan syarat yang melekat pada masing-masing mata kuliah, pada dasarnya mahasiswa bebas menentukan sendiri jenis mata kuliah yang akan dipilih untuk tiap-tiap semester.

a.        Jumlah SKS yang dapat diambil pada semester II dan semester berikutnya ditentukan berdasarkan Indeks Prestasi (IP) yang diperoleh mahasiswa yang bersangkutan pada semester sebelumnya. Jumlah SKS setiap semester sebanyak-banyaknya 23 SKS.

b.        Penyimpangan dari ketentuan tersebut dapat dibenarkan dengan persetujuan dosen pembimbing.

 

3.       Kegiatan Studi

a.        Kuliah

Kuliah diberikan dengan tatap muka di kelas selama 50 menit setiap SKS per minggu.

b.        Praktikum

Praktikum bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan dan kemampuan mahasiswa. Praktek lapangan adalah pemberian tugas langsung di lapangan kepada mahasiswa sesuai dengan rencana pengembangan mata kuliah.

c.         Diskusi

Penugasan diskusi kepada mahasiswa dapat mengambil bahan diskusi dengan menyiapkan satu tulisan ilmiah yang ditetapkan oleh tenaga pengajar.

d.        Penelaahan Kepustakaan

Tugas penelaahan kepustakaan kepada mahasiswa ditetapkan oleh pengajar, dan hasilnya dilaporkan secara tertulis.

e.        Tugas Rumah

Tugas rumah diberikan oleh dosen pengajar kepada mahasiswa dalam bentuk pemecahan suatu masalah tertentu yang terdapat dalam bahan kuliah untuk dikerjakan di luar jam kuliah.

f.          Kuliah lapangan

Kuliah diberikan di luar kelas dengan melakukan kunjungan langsung ke objek yang relevan dengan mata kuliah.

PMB Info

Daftar Agenda

02Nov

Wisuda