KEGIATAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

KEGIATAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

STIM YKPN sebagai lembaga pendidikan tinggi mempunyai tugas utama yang tercakup dalam tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

1.      Pendidikan dan Pengajaran

Untuk menjamin peningkatan kualitas dosen, telah disusun pola pembinaan dosen tetap, sehingga setiap dosen tetap akan memperoleh kesempatan mengikuti pendidikan lanjutan baik di dalam maupun di luar negeri, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Sistem pendidikan yang dianut STIM YKPN adalah sistem kredit yang memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studinya secara efektif dan efisien. Metode perkuliahan yang diterapkan adalah kuliah klasikal di kelas, praktikum, kuliah oleh dosen tamu/praktisi, dan studi lapangan.

STIM YKPN sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma III dan Strata 1 (S1) berusaha melaksanakan kurikulum dengan pola 40% muatan teori dan 60% praktik (untuk D III) dan 60% muatan teori dan 40% praktik (untuk S1).

Metode pembelajaran yang digunakan adalah experiential learning, yaitu memberikan pemahaman melalui pengalaman terstruktur dan kemampuan merefleksikan.

2.      Penelitian

Penelitian sebagai salah satu faktor keahlian dosen dapat dilaksanakan secara mandiri maupun kelompok. Dana penelitian dapat berasal dari STIM (yang termasuk dalam program pembinaan dan pengembangan dosen tetap) dan dapat pula berdasar kerja sama dengan pihak ketiga (baik instansi Pemerintah maupun Swasta).

Kegiatan penelitian dilaksanakan oleh dosen di bawah koordinasi Lembaga Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LMP2M) untuk mengembangkan ilmu manajemen dan memenuhi kebutuhan pihak eksternal.

Selain melakukan penelitian, seorang dosen juga diwajibkan menghasilkan karya ilmiah lain. Karya tersebut dipublikasikan dalam jurnal ilmiah maupun media publikasi yang lain. Sejak tahun 1997 STIM YKPN memiliki Jurnal Ilmiah “Telaah Bisnis” sebagai wadah publikasi.

3.      Pengabdian kepada Masyarakat

Pengabdian kepada masyarakat dimaksudkan untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat berupa kegiatan konsultasi, pelatihan dan pendampingan serta kegiatan lain yang bersifat aplikatif dan ditujukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Kegiatan pelatihan manajemen disampaikan kepada pihak eksternal (masyarakat umum, pebisnis, pengusaha mikro, kecil dan menengah, pengurus koperasi, dan para pengurus OSIS SMU/SMK). Kegiatan tersebut mendapat tanggapan positif dan sekaligus memberi masukan kepada dosen untuk perbaikan proses pembelajaran.

Dalam setiap kegiatan Dies Natalis, STIM YKPN selalu mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai titik sentral yang dilakukan bersama-sama antara dosen dan mahasiswa. Kegi- atan-kegiatan ini akan selalu ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan kondisi STIM YKPN.

PMB Info

Daftar Agenda

02Nov

Wisuda