Perjalanan Sejarah

1=g/a 4/4                                                                                 Lagu, syair &

Maestoso                                                                                arr.: Panca Sona Aji


Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta

Membentuk insan berbudi ‘tuk bangun negeri

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta

Membentuk kualitas bangsa unggul dan berpribadi

 

                        Tampil, taqwa pada yang Esa, inovatif, kreatif

                        Cita-cita maju bersama ‘tuk almamater tercinta

 

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta

Bersamamu yang terbaik dan tetaplah jaya

 

LAMBANG


KETERANGAN: 

1.      Lima daun teratai menggambarkan lima sila dari Pancasila.

2.      Bulatan dengan tulisan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta menggambarkan kebulatan tekad.

3.       Gambar lambang dewa mercurius menggambarkan lingkup pengembangan manajemen dalam bidang perdagangan.

4.       Pelita menggambarkan ilmu manajemen sebagai pelita.

5.       Jumlah sayap lima helai mencerminkan Panca Asas STIM YKPN.

6.       Warna hitam menunjukkan ketegasan.

7.       Dasar warna kuning menunjukkan keagungan jiwa pahlawan.

Pimpinan STIM YKPN

Periode 2016 s.d. 2020

 

Ketua                          : Dr. Bambang Susilo D., MM

Wakil Ketua I             : Drs. Eka Sudarusman, MM

Wakil Ketua II            : Dr. Anna Partina, M.Si.

Wakil Ketua III           : Dr. Suparmono, M.Si.

SEJARAH STIM YKPN

 

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (STIM YKPN) merupakan pengembangan dari Akademi Manajemen Perusahaan YKPN (AMP YKPN) Yogyakarta.  Akademi Manajemen Perusahaan YKPN didirikan pada tanggal 1 Januari 1976, sedangkan STIM YKPN didirikan tanggal 1 Januari 2006 atau tepat pada saat AMP YKPN berusia 30 tahun.  AMP YKPN didirikan oleh Drs. Noegroho Boedijoewono, Drs. Gunawan Adisaputo, MBA., dan Drs. Heidjrachman Ranupandojo berdasarkan Surat Keputusan  P-YKPN No. 022/Kep/P-YKPN/I/1976.  Program yang ditawarkan hanya satu, yaitu jenjang Sarjana Muda Manajemen Perusahaan.  Kuliah pertama kali dilaksanakan di Balai RK Surokarsan Yogyakarta pada sore hari. 

            Pada tahun 1977, kegiatan perkuliahan pindah ke kampus Balapan bersama-sama dengan Akademi Akuntansi YKPN dan Akademi Teknik Arsitektur YKPN.  Setahun kemudian, Program Diploma III Manajemen Perusahaan AMP YKPN memperoleh Status Terdaftar berdasarkan SK Mendikbud No. 070/U/1978.  Pada tahun 1985, Program Diploma III Manajemen Perusahaan AMP YKPN memperoleh status Diakui berdasar SK Mendikbud No. 043/0/1985 dan enam tahun kemudian Program Diploma III Manajemen Perusahaan AMP YKPN memperoleh Status Disamakan berdasarkan SK Mendikbud No. 0636/0/1991.   

Mengingat kapasitas Kampus Balapan sudah tidak mampu menampung kegiatan perkuliahan, maka pada tahun 1992, AMP YKPN merintis Kampus Terpadu di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.7 Yogyakarta.  Pada awal tahun 1994 satu unit gedung selesai dibangun sehingga kegiatan perkuliahan pindah ke Kampus Palagan.  Perpindahan kampus secara resmi dilaksanakan pada tahun 1996 ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

            Tepat di usia 30 tahun, atau tanggal 1 Januari 2006, AMP YKPN berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (STIM YKPN) berdasarkan SK Mendiknas No. 176/D/0/2005 dan SK YKPN No. 01/YKPN/I/2006.  

Akreditasi Institusi dan Program Studi: 

  1. Institusi STIM YKPN telah terkreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), SK No. 47/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2018.
  2. Program Diploma III Manajemen (D3), terakreditasi B, SK No. 390/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/X/2014.
  3. Program Sarjana Manajemen (S1), terakreditasi B, SK No. 0003/SK/BAN-PT/Akred/ S/I/2016.

Program D3 Manajemen memiliki konsentrasi Keuangan (Finance) dan Pemasaran (Marketing).  Sedangkan program Sarjana Manajemen memiliki konsentrasi Ekspor-Impor.  Untuk meningkatkan kualitas lulusan, STIM YKPN bekerjasama dengan beberapa pihak:

  1. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BB-PPEI) Kementerian Perdagangan Republik Indonesia untuk Pelatihan Prosedur Ekspor dan Simulasi.  Pelatihan dilaksanakan di Kampus STIM YKPN selama 3 hari, bersertifikat.
  2. Lembaga Sertifikasi Profesi Ekspor Impor (LSP Ekspor Impor), untuk ujian sertifikasi kompetensi Pelaksana Ekspor.  Ujian dilaksanakan di Kampus STIM YKPN selama 1 hari, bersertifikat bagi yang lulus.
  3. The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) untuk pelatihan Pialang Pasar Modal Indonesia.  Pelatihan dilaksanakan secara on-line dan ujian dilaksanakan secara on-line.  Sertifikat diberikan bagi mahasiswa peserta pelatihan dan bagi yang lulus ujian kompetensi.
  4. LSP Perbankan
  5. LSP Perpajakan

Saat ini, STIM YKPN telah meluluskan 9.889 Ahli Madya Manajemen dan 468 Sarjana Manajemen