info@stimykpn.ac.id (0274) 885505

STIM YKPN Berperan serta dalam Pengentasan Kemiskinan di Kalurahan Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo

STIM YKPN melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Kalurahan Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo dalam program Gerakan Pengentasan Kemiskinan (GERTASKIN). Penandatanganan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari MoU STIM YKPN dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Sebelum dilakukan penandatanganan, STIM YKPN telah melakukan survei dan FGD untuk memperoleh gambaran kondisi secara riil sehingga dapat dirumuskan rencana program yang mungkin untuk diterapkan di Kalurahan Purwoharjo. Acara dilaksanakan di ruang 1F STIM YKPN pada pukul 13.00 WIB pada Rabu, 31 Mei 2023. Dalam penandatanganan tersebut, turut hadir Lurah Purwoharjo, R.A. Ariwibowo, A. Md dan Panewu Samigaluh, Ridwan Usman, S.H., M.M, Ketua STIM YKPN Dr. Suparmono, M.Si beserta jajarannya, tim dosen pengabdi dan Ketua LMP2M Dra. Sri Rejeki Ekasasi, M.B.A. Adapun susunan acaranya adalah pembukaan, sambutan-sambutan, penandatanganan PKS, diskusi dan penutup.

"Program ini merupakan salah satu bentuk Tridharma STIM YKPN, program ini diharapkan dapat berjalan lancar sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi jumlah penduduk miskin di Kalurahan Purwoharjo. Program ini juga sebagai sarana penerapan ilmu pengetahuan yang dimiliki civitas akademika STIM YKPN sebagai perguruan tinggi, harapannya memberi manfaat bagi semua", tutur Dr. Suparmono, M.Si selaku Ketua STIM YKPN.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Panewu Samigaluh Ridwan Usman, S.H., M.M., dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada STIM YKPN yang telah bersedia melakukan kerjasama sekaligus melaksanakan tridharma.

"Tentu merupakan kebanggaan bagi kami karena STIM YKPN merupakan perguruan tinggi kredibel, sudah menerbitkan banyak buku-buku sumber referensi perkuliahan yang berkualitas, harapannya dari teori yang dimiliki tim pengabdi, dapat diterapkan pada Kalurahan Purwoharjo dan program dapat berjalan dengan sukses. Ke depan harus dilakukan sinergi dengan Lurah agar kegiatan terjadwal dengan baik, kemudian dilaksanakan pertemuan dengan semua pamong untuk menyamakan persepsi dan mendukung keterlaksanaan program", pungkas nya.

Ke depan beberapa program yang akan dilaksanakan adalah mencakup beberapa aspek, mulai dari tata kelola, edukasi kepada masyarakat, pembinaan UMKM hingga aspek keuangan baik usaha maupun rumah tangga. Dengan adanya pengelolaan rumah tangga yang baik, maka diharapkan dapat sedikit memberi kontribusi pada pertumbuhan kesejahteraan di Kalurahan Purwoharjo. STIM YKPN selaku perguruan tinggi terus berkomitmen memberikan kontribusi kepada masyarakat salah satunya melalui penandatanganan kerjasama. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.