Kabar Kampus

STIM YKPN MENANG KOMPETISI HIBAH KEMENDIKBUD 2021



Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIM YKPN) terus melakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan daya saing lulusan dan kualitas pembelajarannya. Salah satu langkah nyatanya adalah STIM YKPN berhasil memenangkan hibah yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2021.

Proposal hibah disusun oleh tim yang beranggotakan Dr. Suparmono, M.Si (Ketua STIM YKPN), Tri Utomo Prasetyo, S.E., M.Ec.Dev. (Dosen STIM YKPN), dan Diah Astrini Amir, S.E., M.Sc. (Dosen STIM YKPN). Proses seleksi terdiri dari tiga tahap yakni evaluasi administratif, evaluasi substantif oleh reviewer independen dan evaluasi kelayakan program. Tim penyusun berhasil mempresentasikan hasil proposal di depan tim reviewer Kemdikbud pada Minggu, 18 Juli 2021.

Dalam proposal yang diajukan, STIM YKPN menekankan pada beberapa rencana program yang akan dilakukan antara lain: 1) meningkatkan jumlah lulusan yang memperoleh pekerjaan dan berwirausaha setelah satu tahun kelulusan; 2) meningkatkan persentase dosen yang memiliki pengalaman kerja di industri dan sertifikasi kompetensi yang diakui oleh industri; dan 3) menciptakan pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas dan berstandar industri.

“Melalui hibah ini, STIM YKPN berkomitmen untuk melaksanakan dua program unggulan yakni meningkatkan kompetensi lulusan melalui implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan penyelarasan kurikulum bersama mitra Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA), juga meningkatan keahlian dan kompetensi mahasiswa melalui praktikum berbasis laboratorium komputer.”, ungkap Dr. Suparmono, M.Si selaku Ketua STIM YKPN sekaligus Ketua Tim Hibah.

Besarnya dana hibah yang diperoleh dari kompetisi ini adalah sebesar 483 juta rupiah yang akan digunakan untuk menunjang terlaksananya dua program di atas, yakni penambahan laboratorium komputer dan laboratorium penunjang kompetensi mahasiswa seperti laboratorium perbankan, pasar modal, perpajakan, ekspor impor, dan laboratorium pengolahan data. Kompetisi hibah ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Ketua Yayasan Keluarga Pahlawan Negara, Prof. Dr. Djoko Susanto, M.S.A, Akt. dan Dewan Pembina STIM YKPN, Drs.Nugroho Budijuwono.

Saat ini STIM YKPN memiliki dua program studi unggulan yakni D3 dan S1 Manajemen dengan berbagai pilihan program sertifikasi kompetensi untuk menunjang daya saing lulusan. STIM YKPN juga terus menambah jejaring kerja sama baik dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) serta perguruan tinggi lain yang dapat memfasilitasi penyaluran lulusan dan penerapan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Sukses selalu STIM YKPN!