Kabar Kampus

STIM YKPN ADAKAN UJIAN SERTIFIKASI KOMPETENSI PERBANKAN



Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (STIM YKPN) Yogyakarta bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP) mengadakan ujian sertifikasi kompetensi perbankan di bidang funding & service- customer service (CS). Ujian dilaksanakan pada Sabtu, 14 Agustus 2021 secara daring. Pelaksanaan ujian ini merupakan komitmen STIM YKPN untuk meningkatkan kualitas calon lulusannya agar memiliki kompetensi profesional selain ijazah.

Sebanyak 36 peserta mengikuti ujian sertifikasi kompetensi ini. Sebelumnya para peserta mengikuti pelatihan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LMP2M) STIM YKPN. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni pada 12-13 Agustus 2021, dengan pemateri Dr. Anna Partina, M.Si. Beliau merupakan dosen STIM YKPN yang memiliki pengalaman profesional di dunia perbankan dan telah tersertifikasi kompetensi Customer Service.

Adapun materi yang harus dikuasai oleh para peserta antara lain pemahaman tentang tugas, fungsi dan tanggung jawab customer service, keterampilan dasar, pengetahuan tentang produk dan layanan perbankan hingga pelaksanaan tugas customer service. Walaupun pelaksanaan pelatihan ujian sertifikasi perbankan adalah yang pertama kali dilakukan, namun tingkat kelulusan para peserta ujian cukup tinggi, yakni sebesar 83%.

Diharapkan dengan adanya sertifikasi kompetensi dari industri dapat menjadi bekal bagi lulusan STIM YKPN untuk berkiprah di dunia kerja. Selain sertifikasi perbankan, STIM YKPN juga menyediakan pilihan sertifikasi kompetensi lain di bidang ekspor, pasar modal, perpajakan dan pembiayaan yang juga akan dimasukkan ke dalam kurikulum. Ke depan, STIM YKPN terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas lulusan dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengeksplor bakat dan minatnya. Sukses selalu!