PROGRAM BEASISWA

BERBAGAI BANTUAN PENDIDIKAN DAN BEASISWA

YANG DITAWARKAN KEPADA MAHASISWA DAN CALON MAHASISWA STIM YKPN


Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat ditawarkan kepada mahasiswa STIM YKPN yang aktif ataupun kepada calon mahasiswa yang hendak mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru dengan cara mendaftarkan diri melalui jalur beasiswa di awal pendaftaran. Program beasiswa ini merupakan salah satu langkah STIM YKPN yang berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia dengan menargetkan lulusan Sekolah Menengah Atas dari keluarga yang tidak mampu namun memiliki prestasi, sehingga tujuan pemerataan pendidikan berkelanjutan dari semua kalangan dapat terbantu dengan adanya program yang STIM YKPN tawarkan.


1.KIP KULIAH


Berdasarkan UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi serta menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu Pemerintah akan selalu berupaya untuk menjamin, bahwa anak Indonesia yang kurang mampu terutama yang memilikiprestasi akan dapat terus menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Melalui PIP di tahun 2020, pemerintah telah memberikan bantuan pendidikan bagi 200 ribu mahasiswa yang diterima diperguruan tinggi termasuk penyandang disabilitas dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah sebagai bukti kehadiran negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan tinggi. KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

KIP-Kuliah memberikan pembiayaan sebagai berikut:

  1. Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang diberikan secara langsung ke rekening penerima Program KIP Kuliah setiap semester untuk membantu biaya hidup selama menempuh proses pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai ketentuan lamanya waktu studi yaitu 6 semester untuk D3 dan 8 semester untuk S1.
  2. Biaya pendidikan yang diberikan secara langsung ke rekening Perguruan Tinggi setiap semester untuk membiayai operasional pendidikan yang terkait langsung dengan proses pembelajaran bagi penerima Program KIP Kuliah sesuai ketentuan lamanya waktu studi yaitu 6 semester untuk D3 dan 8 semester untuk S1. sehingga pendidikan gratis tanpa biaya termasuk dalam proses pendaftarannya
  3. Bantuan Biaya Pengelolaan yang diberikan secara langsung ke rekening Perguruan Tinggi Negeri dan LLDIKTI yang digunakan untuk membantu biaya kedatangan bagi penerima Program KIP Kuliah yang berasal dari luar provinsi dan biaya hidup sementara penerima Program KIP Kuliah; 

    2. Bantuan SPP Bagi Mahasiswa yang Terdampak Covid-19

    Dalam merespon pandemi covid-19 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan kebijakan terkait ketentuan penyesuaian UKT dan Bantuan UKT/SPP mahasiswa. Kebijakan ini dikeluarkan dalam rangka merespon berbagai masukan dari banyak stakeholder pendidikan yang mengharapkan adanya kebijakan Kemendikbud untuk membantu mahasiswa di masa pandemi covid-19 saat ini. Syarat Penerima Bantuan UKT/SPP adalah mahasiswa yang orangtua/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi covid-19 dan tidak sanggup membayar UKT/SPP semester gasal tahun akademik 2020/2021

    3. Corporate Social Responsibility (CSR)


    CSR (Corporate Social Responsibility) adalah tindakan yang dilakukan STIM YKPN untuk memberikan peluang lebih besar lagi kepada siswa-siswi lulusan SMA agar dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi dengan cara memberikan bantuan pendidikan kepada mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki prestasi yang baik.


    4. Corporate Social Responsibility (CSR) BPD DIY

    CSR BPD DIY adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan Bank BPD DIY kepada mahasiswa aktif STIM YKPN yang berprestasi dan aktif dalam kegiatan organisasi kampus. Di Tahun 2018 5 mahasiswa STIM YKPN berhasil lolos menjadi penerima beasiswa CSR BPD DIY dan berhak memperoleh bantuan biaya pendidikan sebesar 6.000.000, dengan kerja sama yang baik antara STIM YKPN dan Bank BPD DIY, bantuan biaya pendidikan ini rutin diberikan setiap tahunnya, sehingga memberikan peluang yang lebih besar untuk pemerataan pendidikan bahkan untuk mahasiswa dari keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi


    5. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

    PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) adalah dukungan biaya pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa aktif jenjang D3 dan S1 yang telah menempuh minimal semester 2 untuk dapat menyelesaikan Pendidikan Tinggi berdasarkan pertimbangan utama keterbatasan ekonomi namun memiliki prestasi, sama halnya dengan BIDIKMISI, PPA juga dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) dan berkoordinasi dengan setiap Perguruan Tinggi termasuk STIM YKPN.


    6. Bantuan Pendidikan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (DIKPORA)

    Merupakan Bantuan Pendidikan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dengan tujuan membantu biaya pendidikan kepada mahasiswa reguler maupun mahasiswa baru yang tidak mampu secara ekonomi adn mengalami kesulitan biaya pendidikan di Perguruan Tinggi.

    7. Beasiswa Relasi

    Beasiswa relasi adalah beasiswa yang diberikan dari sebuah perusahaan atau instansi berupa bantuan biaya pendidikan yang diberikan satu kali dan ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswi aktif STIM YKPN yang  memiliki nikai IPK yang bagus dan memiliki prestasi lainnya serta aktif dalam kegiatan berkoorganisasi, adapun perusahaan/ instansi yang telah memberikan beasiswa ini adalah; Bank Jogja, Bank BTN, Bank Sleman, Bank BRI, Bank BPD, Bank BPR BDE, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Danagung, Bank Jateng


    8. Beasiswa Prestasi

    Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa-mahasiswi aktif STIM YKPN yang berprestasi dan berhasil mengharumkan nama baik STIM YKPN seperti mengikuti ajang kompetisi baik ditingkat daerah, nasional hingga internasional. Mahasiswa tersebut akan dibebaskan dari biaya SPP tetap selama satu semester.